WEEKEND GOALS

Pernah aku membaca sebuah tulisan/ status dari mompreneneur yang berjudul Weekend Goals.  Apa itu weekend goals?  Kalau aku mengartikannya keinginan apa yang dilakukan saat weekend atau akhir pekan. Ya, aku menyimpulkannya dari isi tulisan tersebut.

Weekend bagi sebagian atau bahkan semua orang adalah hal yang paling ditunggu.  Libur setelah enam hari berkutat dengan pekerjaan.  Hari Minggu ibarat oase di padang pasir. Sesuatu yang beda di antara yang sama.  Halah, maaf lebay.

Kembali ke weekend goals.

Setiap orang pasti punya weekend goals yang berbeda. Apa yang ingin dilakukan saat libur tiba.  Bagi seorang pekerja,  weekend mungkin menjadi waktu emas baginya untuk bersantai di rumah. Melakukan hobi, pergi ke suatu tempat wisata,  atau hanya sekadar tidur-tiduran dan bermalas-malasan di kasur.

Bagaimana weekend goals ibu rumah tangga sepertiku yang setiap hari di rumah? Tentu saja, aku pun ingin seperti yang lain.  Melakukan hal yang berbeda di hari Minggu, tidak seperti hari-hari biasa. Aku yakin semua ibu rumah tangga berpikiran sama.

Namun,  bagaimana jadinya jika para ibu rumah tangga yang ingin keluar di hari Minggu ternyata suaminya tidak sama keinginannya? Karena rutinitas yang melelahkan dari hari Senin hingga Sabtu dan ingin tetap di rumah pada hari Minggu? 

"Ayo dong, Yah kita keluar ke mana gitu buat refreshing?"

Mungkin seperti itu keinginan sebagian besar para istri yang setiap hari berkutat di sekitar rumah menghadapi hal yang membosankan. Tak dapat dipungkiri, rutinitas yang sama memang membuat rasa bosa seringkali muncul.

Di sisi lain mungkin suami menjawab,
"Aduh, Bund.  Ayah pengin di rumah aja,  capek keluar rumah terus. "

Begitulah,  seperti yang aku sampaikan tadi,  bahwa weekend goals tiap orang berbeda-beda. Bahkan suami-istri pun berbeda pilihan. Di sinilah dituntut adanya sikap saling pengertian antara suami-istri dalam menghadapinya.

Sebagai suami yang baik pastinya akan dengan senang hati menuruti keinginan istrinya. Tetapi istri yang baik pun akan menurut dengan kemauam suaminya. So,  bagaimana yang seharusnya dipilih? 

Jalan tengah yang bisa diambil mungkin dengan cara menjadwal weekeend goals yang ingin dilakukan masing-masing. Pengaturan jadwal untuk mewujudkan weekend goals bergantian agar semua dapat terpenuhi keinginannya.

Kuncinya ada pada komunikasi.  Bicarakan alasan pilihan masing-masing dan apa keputusan yang diambil. Karena sejatinya kesenangan antara suami-istri bukan ada pada diri sendiri namun pada semua pihak.  Apa jadinya jika satu pihak terpenuhi keinginannya sedang yang lain merasa tidak suka? 

Yang terpenting adalah adanya sikap pengertian dan kelapangan hati atas apa pun keputusan yang diambil. Menghabiskan akhir pekan dengan memilih aktivitas yang sama pasti akan lebih menyenangkan dibanding menuruti ego masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?