APA ISI MEDSOSMU?

Setiap orang pasti memiliki hobi dan minat masing-masing.  Ada yang hobi masak,  menjahit,  kerajinan tangan, otomotif,  dan masih banyak lagi. Oh iya,  tak ketinggalan, menulis. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi isi dari media sosial orang tersebut.  Ya, media sosial memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bisa dikatakan medsosmu, cerminan dirimu.

Orang yang hobi memasak,  sudah bis dipastikan isi di beranda media sosialnya adalah berkaitan dengan masakan. Orang yang hobi menjahit, beranda media sosialnya pun penuh dengan aneka bahasan tentang dunia menjahit.  Begitu seterusnya. Semua tergantung dengan minat, hobi, dan dunianya masing-masing.

Sebenarnya sah-sah saja mengisi beranda media sosial kita dengan hal yang sesuai dengan minat kita. Bukan hal yang salah juga jika bergabung dalam grup-grup di media sosial sesuai kegemaran kita. Yang terpenting adalah,  kebermanfaatan darinya. Jadikan isi dari media sosial kita bermanfaat bagi kita khususnya,  dan bagi orang lain pada umumnya. 

Ketika kita mengisi media sosial dengan hal baik,  membaca tulisan-tulisan yang bermanfaat,  kita bisa men-sharenya kepada orang lain.  Ini yang membuat media sosial kita pun bisa bermanfaat bagi orang lain.  Karena secara tidak langsung,  orang lain memperoleh manfaat dari tulisan yang kita bagikan.

Pernah suatu kali seorang ponakan melihat hapeku.  Dia melihat grup-grup di medis sosial WA-ku. Kemudian dia pun berkomentar, 

"Wah, grup WA-nya Bibiya beda ya sama aku," (Bibiya panggilan khusus ponakan kepadaku)

"Emang beda gimana?" tanyaku menimpali.

"Ya beda,  isianya grup kajian islam mulu," lanjutnya

"Ya iya dong,  kita bermedia sosial itu pilih manfaatnya.  Jangan sampe lama-lama online nggak dapat manfaat," lanjutku, "banyak kok bukan hanya grup kajian,  ada grup nulis juga."

"Bener juga ya, kalo aku cuma grup-grup alumni sekolah," timpalnya.

Begitulah, pilihan tentu ada pada kita untuk mengisi media sosial yang kita punya. Aku sendiri terbilang "gila grup" waktu pertama kali menggunakan media sosial WA ini. Semua grup aku join, jika yakin akan mendatangkan manfaat. Baik itu grup tetap atau kondisional. Grup tetap seperti grup kajian islam, grup babywearing, dan lain-lain.  Grup kondisional seperti kulwap-kulwap penting yang kebetulan aku mendapatkan link untuk bergabung dengannya.

Dengan banyaknya bergabung dalam grup yang bisa mendatangkan manfaat,  sumber bacaan pun semakin banyak.  Semakin banyak membaca,  maka akan semakin banyak pengetahuan yang didapat. Asalkan, tentu saja sesuai kemampuan kita.  Jangan malah ketika terlalu banyak grup yang diikuti,  malah membuat kita tidak fokus pada bahasan-bahasan dalam grup itu.

Jadi,  apa isi medsosmu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?