EMAK-EMAK DAN GADGET

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal gadget? Hidup tidak lengkap rasanya tanpa memegang gadget.  Di mana pun berada gadget tidak boleh tertinggal. Setiap kalangan menggunakannya untuk sarana komunikasi, usaha, atau hanya sekadar untuk bermain-main. Tak terkecuali bagi Emak-Emak. 

Emak-Emak era milenial pasti sangat akrab dengan benda pipih berteknologi ini. Ada sebagian dari mereka yang menggunakannya sebagai sarana berjualan on-line,  atau populer dengan sebutan olshoper.  Ada pula yang menggunakannya sekadar untuk eksis, hobi berfoto selfi, atau bahkan update status kegalauan di sosial media mereka. 

Gadget ibarat dua sisi mata uang. Ada manfaat yang didapat olehnya,  namun ada pula keburukan yang bisa terjadi saat bergadget-ria. Nah,  bagi Emak-Emak manakah yang akan dipilih?  Apakah akan menggunakan gadget untuk hal bermanfaat atau hanya sekadar bermain-main yang mungkin saja bisa meimbulkan keburukan?

Gadget dapat bermanfaat jika kita menggunakannya sebagai sarana memperoleh informasi yang bermanfaat. Bagi kalangan Emak-Emak, informasi yang paling dekat dengan dunianya adalah tentang parenting dan segala hal tentang perannya  sebagai ibu maupun istri. Emak-Emak bisa update info dengan gadget atau upgrade ilmu dengan membaca artikel-artikel penting. 

Sebagai contoh,  misalnya tentang MPASI. Bukan Emak milenial namanya jika tidak paham bagaimana membuat MPASI yang sehat bagi si kecil.  Dengan membaca artilel per-MPASI-an melalui gadget ini,  Emak dapat memperoleh ilmunya,  sehingga tidak kudet.  Bagaimana komposisi MPASI yang baik menurut standard WHO,  kapan dimulai pemberiannya kepada bayi,  dan lain sebagainya.

Contoh lain misal tentang ilmu pergendongan. Gendong-menggendong adalah hal yang umum di dunia ibu dan anak. Namun,  ternyata menggendong pun ada ilmunya.  Bagaimanaa cara menggendong yang tepat,  jenis gendongan yang baik dan benar sesuai bentuk tubuh bayi, dan lain-lain. Dalam ilmu pergendongan pun ada istilah TICKS,  gendong m-shape,  c-shape,  dan j-shape. Emak-emak yang mengaku milenial tapi belum tahu istilah-istilah ini  ayo cari tahu dengan menggunakan gadget.  Update ilmunya.

Masih banyak contoh lain manfaat dari gadget bagi para Emak. Mungkin tentang penataan rumah.  Melalui gadget kita bisa tahu ada teknik merapikan rumah ala Konmari. Dalam dunia pendidikan,  ada dikenal metode Motessori. 

Tentunya ilmu yang perlu diketahui Emak-Emak tidak melulu urusan rumah,  anak,  dan perannya sebagai istri. Banyak ilmu yang harus diketahui.  Banyak artikel penting yang harus dibaca.  Dengan sarana gadget ini,  dunia seakan dalam genggaman.  Kita bisa tahu hal apa pun yang sebelumnya belum pernah mendengarnya. Kita pun bisa tahu ada kabar berita apa di belahan bumi lain.  Seperti buku,  gadget pun bisa membuka jendela dunia jika kita memanfaatkannya untuk membaca,  memperoleh informasi yang penting dan bermanfaat.

Apalah gunanya jika menggunakan gadget hanya untuk update status galau, menyindir sana-sini,  nyinyir orang lain,  atau julid dengan status teman yang lain? Kalau ini yang terjadi, gadget hanya akan menimbulkan masalah dan keburukan. Iri hati dan hasad yang menyebabkan diri sendiri merasa tidak bahagia.

Belum lagi jika sebagai Emak-Emak masih rajin berfoto selfi yang rawan fitnah. Foto selfi hanya akan membuat wajah kita terlihat jelas oleh siapa pun di luar sana, termasuk lawan jenis.  Padahal,  statusnya adalah sebagai istri dari seorang suami. Jika hal itu terjadi, bukan hanya tidak bermanfaat gadget dan medsos kita,  namun bisa jadi menimbulkan dosa.  Karena yang pantas dan boleh menikmati wajah kita hanya suami kita.

So,  Emak-Emak,  yuk manfaatkan gadget dan medsos kita untuk hal-hal yang bermanfaat.  Isi beranda kita dengan postingan dan bacaan yang bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?