JAMBE KEMBAR, BUKIT MENDELEM DAN NANAS, DAYA TARIK TERSENDIRI DARI BELIK-PEMALANG

Belik adalah sebuah kecamatan paling selatan di Kabupaten Pemalang,  Jawa Tengah. Daerah yang terkenal dengan buah nanasnya ini berbatasan langsung dengan Desa Karang Reja yang sudah mamasuki wilayah Bobotsari, Purbalingga.  Belik sendiri berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Pemalang.

Belik dulunya adalah daerah yang boleh dibilang sepi dengan pasar yang  kecil, dan bangunan-bangunan vital yang terkesan sederhana.  Namun, kini Belik sudah mulai berbenah. Banyak kemajuan baik dalam segi ekonomi,  pembangunan, maupun pariwisata.

Dalam tulisan ini saya akan me-review tempat wisata yang cukup di perhitungkan di Belik,  yaitu Jambe Kembar. Kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat mengunjunginya.



Jambe Kembar adalah tempat wisata air yang terletak kurang lebih 1 km dari pusat kecamatan Belik.  Berada di pinggir jalan raya utama jalur Puwokerto-Pemalang.  Memiliki view langsung berhadapan dengan bukit mendelem yang menambah keindahan pemandangan.

Dengan membayar tiket berkisar antara Rp 15.000,- sampai Rp.  25.000,- (tergantung hari libur atau hari raya),  pengunjung dapat bermain air di kolam renang yang tersedia di Jambe Kembar.

Ada tiga kolam renang yang terdapat di Jambe Kembar ini. Kolam cetek untuk anak-anak berenang dan bermain yang dilengkapi dengan replika kapal di tengahnya dan dua kolam renang lain yang lebih dalam untuk anak remaja dan orang dewasa. Saat bermain air di kolam,  pengunjung pun dapat sesekali bermain air mancur yang didesain berada di antara kolam satu dengan lainnya.

Selain wahana bermain air, di Jambe Kembar terdapat pula danau buatan yang dilengkapi dengan kapal mainan berbentuk bebek. Kapal mainan ini bisa dinaiki dua orang untuk berkeliling danau.  Dan yang tak kalah menarik, pengelola pun menyediakan kuda yang bisa disewa untuk mengitari danau tersebut.  Tentunya, dengan dipandu pelatih kuda. 



Pembangunan di Jambe Kembar setiap tahun rupanya semakin meluas. Saat beberapa waktu lalu saya beserta keluarga mengunjunginya,  sudah terdapat taman yang dilengkapi dengan aneka bunga dan hiasan-hiasan yang dibuat khusus di beberapa sisinya untuk spot foto yang unik dan cantik. Berbeda dengan sekitar lima tahun lalu yang hanya terdapat kolam renang. 
Selain taman tersebut,  terdapat juga taman lain yang lebih tinggi posisinya, sehingga perlu sedikit mendaki untuk mencapainya.  Namun,  tak perlu khawatir capek,  karena akan terbayar dengan spot foto yang lebih cantik di ketinggian.

Seperti  taman wisata pada umumnya,  di Jambe Kembar pun terdapat area bermain untuk anak berupa ayunan,  prosotan,  jungkat-jungkit,  dan lain-lain.

Oh iya,  di area wisata ini tidak ada penjual makanan.  Pengunjung yang tidak membawa bekal makanan bisa membelinya di kios-kios di sebelah pintu masuk terlebih dahulu.  Di deretan kios tersebut tersedia juga beberapa perlengkapan berenang seperi pelampung dan kaca mata renang untuk melengkapi keasyikan berenang para pengunjung. 

Jambe Kembar telah bermetamorfosis dari yang dulu hanya sebuah rumah makan kecil menjadi tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi. Pembangunan yang semakin luas dan fasilitas yang semakin lengkap menjadi salah satu magnet orang-orang dari  daerah lain yang cukup jauh mengunjungi tempat wisata ini. Pencapaian yang bagus untuk sebuah wisata lokal.

Sebagai tambahan informasi, setiap tahun sekali tepatnya pada bulan Agustus,  diadakan Festival Nanas di sekitaran Jambe Kembar. Sebuah lapangan di seberang jalan area wisata ini tepatnya. Festival menghias ratusan buah nanas menjadi berbagai macam bentuk yang diikuti oleh seluruh desa di Kecamatan Belik ini menjadi daya tarik wisatawan lain untuk mengunjungi Belik. 



Banyak kegiatan yang diadakan saat Festival Nanas ini.  Selain  parade hiasan nanas yang dilombakan,  ada pula kesenian calung,  kuda lumping dan sebagainya yang layak untuk disaksikan.


Sebenarnya ada satu lagi daya tarik yang ada di Belik, yaitu Bukit Mendelem atau Bukit Jimat. Banyak pula yang menyebutnya srbagai Gunung Mendelem atau Gunung Jimat.  Bukit yang terletak tak jauh dari Jambe Kembar ini menawarkan wisata alam yang cukup menarik bagi para pecinta uji adrenalin. Apakah itu?  Wah,  rasanya butuh ulasan tersendiri untuk membahasnya.  Di tulisan selanjutnya,  akan saya bahas tentang Gunung Mendelem ini.

Jadi,  jika para pembaca kebetulan berkunjung ke Pemalang,  bisa disempatkan untuk mengunjungi Jambe Kembar yang berada di Belik ini, sebagai tempat rekreasi keluarga. Jangan lupa memborong nanas madu asli dari Belik sebagai oleh-olehnya. 

Pemalang "kota nanas", 18 Oktober 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?