REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER



A.  Tentang Buku 

Judul : The Power of Daster 

Penyusun : Pasukan Komunitas Pejuang Literasi
(Rina Yuliyani, Fenty Mandasari, Anisa Sustianing, Ika Fatmawati, Emjiey, Anis Fitriah, Rima Melanie P, Titi Mulyani, Garnis Trisnawati, Nurrahmah Widyawati, Catri Wulandari, Kinnoy, Lelly Fitriana, Syukma Tanjung, Sita Syahri, Umbara Al Mafaaza, Diah Anggrain, Prihantini).

Editor & Proofeader : Hessa Kartika

Perancang sampul : Litskanisa R Mega

Penata letak : Anis Fitriah

Jumlah halaman : xiv + 319 

Tahun penerbitan : Januari 2019

ISBN : 978-602-0794-12-9

Penerbit : Pejuang Literasi, bekerja sama dengan SIP Publishing.

B.  Isi Buku

Buku The Power of Daster adalah buku antologi berisi kumpulan kisah inspiratif karya pasukan Pejuang Literasi (pasukan : sebutan untuk anggota komunitas). Terdiri dari dua chapter,  yaitu The Power of Daster dan Double Power.

Pada chapter The Power of Daster,  berisi kisah inspiratif ibu rumah tangga sebanyak 15 judul. Banyak hikmah yang dapat dipetik dari kisah-kisah yang terdapat di bagian ini. Berbagai macam problem khas ibu rumah tangga dalam menemani buah hati dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga tertutur dalam buku ini. Tentunya dengan disertai sikap dan perilaku dalam menghadapinya sebagai solusi dari apa yang dialami para ibu rumah tangga ini.

Salah satu judul yang menginspirasi adalah 'Kandang Waktu'. 'Kandang Waktu' menuturkan bagaimana seorang ibu rumah tangga harus bisa mengatur waktu dengan benar dan fleksibel menurut skala prioritasnya agar kegiatannya membersamai anak dan mengerjakan pekerjaan rumah dapat terselesaikan dengan baik.

Buku ini pun  bertutur tentang pilihan seorang ibu, apakah akan mempertahankan karirnya sebagai ibu bekerja di luar rumah atau melepaskan karirnya demi bisa mengasuh buah hati. Pergulatan hati yang mengharu biru tentang pilihan ini terdapat dalam kisah yang berjudul, 'Ketika Seragamku Berubah Menjadi Daster' dan 'Karirku Di Ujung Daster'.

Namun, yang terpenting dari tugas seorang ibu rumah tangga adalah bagaimana memaksimalkan tugasnya. Seorang Ibu rumah tangga harus bisa bersyukur dalam menjalani perannya, seperti yang tertutur dalam kisah 'Syukurku, Bahagiaku'. Seorang ibu harus bahagia dan pandai mengendalikan amarah seperti dalam kisah yang berjudul 'Menahan Amarah, Meraih Berkah'. Dan yang paling utama seorang ibu harus pintar sekalipun dia hanya berkutat di dalam rumah, seperti yang tertutur dalam kisah "Ibu Pembelajar'.

Masih banyak kisah inspiratif tentang peran ibu rumah tangga lainnya dalam chapter ini.

Di dalam chapter Double Power,  berisi tiga kisah ibu yang menjalankan double perannya, sebagai ibu rumah tangga dan ibu bekerja. Ketiga kisah ini menuturkan bagaimana perjuangan seorang ibu harus pandai mengatur waktu agar dua perannya dapat terlaksana dengan baik. 

Apa pun latar belakang dan kondisinya, seorang ibu memiliki perjuangan masing-masing. Kisah yang ada di dalam buku The Power of Daster adalah beberapa gambaran akan peran seorang ibu. Kumpulan kisah yang Insyaa Allah dapat diambil hikmah dan inspirasinya oleh pembaca.

C.  Kesimpulan Tentang Buku

Secara keseluruhan, buku ini sangat menginspirasi, terutama untuk sesama ibu rumah tangga yang memiliki kesamaan peran, nasib, dan tanggung jawab. Buku ini pun bisa menjadi motivasi bagi ibu rumah tangga agar tetap semangat menjalankan tugasnya. Selain itu, buku ini diharapkan mampu menjadi 'pelipur' atas perasaan down dan minder, ketika seorang ibu hanya berkutat dengan urusan rumah tangga dan melepaskan karirnya di luar rumah. 

Seperti yang telah disampaikan, bahwa dalam chapter Double Power berisi kisah tentang ibu yang memiliki peran ganda.  Sehingga, diharapkan buku ini pun bisa menjadi bacaan bagi ibu yang berkarir di luar rumah. Saling berbagi inspirasi dalam kisahnya sebagai ibu dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Secara tampilan buku ini bagus, gambar di dalam covernya mewakili judulnya. Pilihan warna yang soft dan cantik dapat menarik minat pembaca. Begitu pula ilustrasi di bagian dalam buku dan pemilihan jenis huruf yang menarik (tidak kaku), membuat pembaca lebih rileks dalam membaca buku ini, sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri.

D.  Catatan Khusus Tentang Buku

1. Kekurangan

Terdapat salah ketik sebuah kata di salah satu halaman. Pada chapter ke dua, penulis tidak menceritakan lebih detail kegiatannya sebagai seorang ibu dengan double peran ketika sedang berada di dalam rumahnya, atau saat berdaster. Sehingga  kuraang sesuai dengan judulnya.  

2. Kelebihan

Semua kisah ibu rumah tangga sejati dan ibu double peran yang ada di buku ini memiliki hikmah dan inspirasi yang bisa kita ambil darinya. Seperti yang saya rasakan setelah membacanya.





Komentar

  1. Saya seorang wanita pekerja, yg kebetulan belum menikah. Mungkin kelak bisa menjadi referensi jika saya berada dalam posisi demikian, hihi

    BalasHapus
  2. Ternyata ada bukunya y kak. Selama ini sering jadi jargon "the power of daster" 😊

    BalasHapus
  3. nice review. Tapi memang saltik pasti ada di berbagai buku

    BalasHapus
  4. Power of daster. Well, ibu emang punya peran yg kuat di berbagai bidang. Semangat buat semua ibu, ya^^

    BalasHapus
  5. waaah kereen. saya waktu itu mau ikut yg ini batal Mbak 😅.

    BalasHapus
  6. The power emak2 gtu nih bahasa kerennya hiii

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?