TUMBASIN, BELANJA DAPUR JADI LEBIH MUDAH

Aplikasi Tumbasin

"Masak apa hari ini?" 

Satu pertanyaan yang selalu hadir di pikiran ibu rumah tangga setiap harinya. Memasak memang sebuah aktivitas yang gampang-gampang susah. Bagi yang hobi memasak,  mungkin akan dengan enteng meracik segala bahan yang tersedia menjadi hidangan lezat. Namun,  bagi yang mempunyai kemampuan memasak standard,  mungkin pertanyaan seperti itu akan selalu hadir. 

Bukan taanpa alasan, kebingungan untuk memilih menu masakan,  biasanya seiring dengan keterbatasan bahan yang tersedia.  Ketika ada keinginan untuk memasak opor ayam dan membuat bakwan misalnya,  ternyata kelapa untuk membuat santan tidak ada di rumah.  Belum lagi, tepung terigu dan bawang daun untuk membuat bakwan,  ternyata habis tak bersisa di tempat biasanya. 

Masalah akan bertambah jika masakan harus dihidangkan esok di pagi hari sebelum suami berangkat kerja dan anak berangkat sekolah. Sementara hari telah malam.  Aduh, Emak berdaster pasti dibikin pusing tujuh keliling.

"Gimana mau masak besok? Cari di mana udah malem gini?" mungkin itu kalimat yang akan menari-nari di pikiran. 

Ups, ada yang pernah mengalami kejadian seperti itu?  Kalau saya sih sering. Pengalaman saya selalu merasa kebingungan ketika akan memilih bahan masakan. Tidak jarang,  kebingungan itu diperparah dengan "gerobak kosong" dari tukang sayur yang lewat. 

Yah,  udah ditungguin lama-lama ternyata sayurannya sudah habis.  

Bahkan,  yang lebih parah lagi ketika sudah menunggu tukang sayur lumayan lama,  ternyata hari itu nggak jualan.  Ah,  lengkap sudah kebingungan Emak.  

Apa harus masak mie instant?Kasihan anak-anak dan suami kalau seperti itu terus. Seandainya saja ada cara yang lebih mudah untuk berbelanja sayuran dan teman-temannya?  Pasti akan sangat membantu Emak berdaster yang punya masalah seperti ini. 

Dan ternyata, sekarang sudah hadir Tumbasin. Sebuah aplikasi untuk berbelanja kebutuhan dapur di pasar tradisional secara online. Permasalahan perdapuran seperti yang saya sering alami tadi, kini sudah ada solusinya. Emak berdaster harus punya aplikasi ini. 

Sebenarnya, seperti apa sih Tumbasin itu?  Check it out! 

Dari namanya,  unik juga nama aplikasi ini.  Tumbas dalam Bahasa Jawa berarti beli, jadi tumbasin mungkin saja berarti beliin,  hehe .... Ya,  walaupun mungkin tidak ada hubungannya nama aplikasi ini dengan Bahasa Jawa,  namun teknis pelayanan aplikasi ini kurang lebih seperti itu.
Pilih pasar yang diinginkan

Dalam aplikasi Tumbasin,  kita sebagai customer tinggal memilih bahan makanan apa saja yang akan kita beli.  Kemudian,  pihak Customer Service akan meneruskan kepada personal shopper dan driver. Personal shopper inilah yang akan berbelanja ke pasar tradisional mitra dari Tumbasin, memilihkan bahan makanan terbaik sesuai pesanan kita.

Sebelum memesan barang,  customer dapat memilih pasar mana yang akan dituju.  Ketika sudah memilih pasar,  barulah kita dapat mencari barang apa saja yang hendak dibeli dan memasukannya ke dalam keranjang belanja. Semua bahan tersedia komplit. Tinggal telusuri saja ikon jenis produk yang hendak kita beli.  Mulai dari sayuran,  lauk-pauk,  bumbu,  seafood,  sembako,  jajanan,  dan buah.  Ketika sudah selesai memesan,  lakukan pembayaran melalui fitur yang tersedia.  Kemudian Customer Service akan memprosesnya. 
Pilih jenis produk 

Harga barang tertera di aplikasi 

Batas waktu pemesanan adalah pukul 00.00, dan pesanan hari ini akan diantar keesokan harinya.  Jadi,  alangkah lebih baiknya jika kita sudah memikirkan belanja apa saja agar tidak terlewat. Karena pemesanan melebihi waktu yang ditentukan akan dikirim lusa. Pengantaran barang sendiri dimulai pukul 06.00 sampai pukul 10.00.

Menggunakan aplikasi ini sungguh sebuah kemudahan bagi ibu rumah tangga.  Bayangkan saja,  kita hanya tinggal duduk manis dan membayar ongkos kirim sebesar Rp. 10.000, belanja sudah ada yang mengantarkan ke depan pintu rumah. Driver dari Tumbasin juga akan mengembalikan uang kembalian sisa belanja, jadi tidak perlu khawatir uang kembalian kita akan hilang. 

Mungkin ada yang beranggapan jika harganya pasti berbeda dengan yang di pasar. Tetapi tidak, harga yang tertera pada aplikasi,  sama dengan harga di pasar tradisional. Harga memang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, karena sesuatu hal. Namun jika harga yang tertera berbeda dengan yang dibelanjakan, customer dapat mengajukan komplain kepada Customer Service.  

Customer Service selalu dapat dihubungi jika customer mengalami kendala dalam pemesanannya.  Misalnya saja ketika kita hendak membatalkan salah satu barang pesanan atau menggantinya dengan barang lain.  Begitu pula ketika barang yang kita pesan ternyata sudah habis di pasar,  Customer Service akan segera menghubungi pelanggan. Sebagai catatan,  jika pesanan kita sudah dibelanjakan oleh personal shopper,  maka pembatalan pesanan tidak dapat dilayani. 

Wah,  asyiknya Tumbasin ini. Jika dulu,  berbelanja di pasar tradisional menghabiskan waktu dan tenaga untuk memutari kawasan pasar,  kini dengan Tumbasin kita bisa melakukan hal lain sembari menunggu pesanan belanja kita datang.  

Dengan Tumbasin,  belanja dapur jadi lebih mudah.  Tumbasin,  sahabat Emak berdaster. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?