NONFIKSI, AKU AKAN TERUS BELAJAR!

Foto : Pixabay

Alhamdulillah dengan penuh perjuangan, akhirnya bisa menyelesaikan kelas lanjutan nonfiksi. Satu bulan menulis karya nonfiksi bukan hal yang mudah bagiku yang masih newbie. Yah,  walaupun ketertarikan lebih kepada karya nonfiksi,  bukan berarti aku sudah ahli dalam membuatnya. Melihat tulisan teman-teman yang sangat bagus dan inspiratif membuatku salut dan terpacu untuk terus menulis.  

Syarat tulisan yang harus minimal 500 kata membuatku cukup berpikir lama saat menuliskannya.  Bukan karena tidak "mengalir", tapi karena memilih kata-kata yang sekiranya pantas agar layak dibaca sebagai tulisan nonfiksi. Belum lagi memikirkan ide tulisan yang sesuai Niche Blogku, yaitu Motherhood, agar tidak menjadi blog yang gado-gado. Sekali lagi,  salut untuk teman-teman yang bisa menulis karya nonfiksi 1000 sampai 1500 kata dengan enteng. 

Masuk ke kelas nonfiksi membuatku sangat bersyukur,  banyak ilmu yang didapat yang awalnya aku belum pernah mengetahui sama sekali. Niche Blog,  Adsense Blog,  Monetisasi Blog,  dan Blog Competition yang baru pertama kali aku ikuti sebagai syarat tantangan pekan ke tiga. Benar-benar ilmu baru yang sangat bermanfaat. Semoga ke depannya dapat aku aplikasikan guna mewujudkan resolusi menulis 2020. Aamiin ....

Di pekan terakhir ini,  sebenarnya aku sedikit takut tidak bisa menyelesaikan tugas menulis karena badan yang kurang fit.  Beberapa malam begadang menyelesaikan tulisan membuat kepala berat dan pusing.  Tapi Alhamdulillah, akhirnya terselesaikan juga dengan niat menyelesaikan apa yang sudah dimulai. 

Terima kasih kepada teman-teman di kelas nonfiksi yang telah setia berkunjung dan meninggalkan komentar di tulisanku.  Semoga silaturahim kita sesama pegiat literasi tetap terjaga walaupun kelas ini telah berakhir.  Maaf juga jika aku malah tidak selalu blog walking ke tulisan teman-teman karena kondisi sinyal yang tidak terlalu bagus serta keterbatasan waktu yang aku punyai. Terima kasih juga kepada pemateri yang telah bersedia berbagi ilmu, semoga apa yang disampaikan menjadi amal jariyah yang tidak terputus pahalanya. Walaupun jarang menyimak secara langsung saat pemberian materi, aku bisa membacanya saat waktu luang. Terima kasih juga untuk Mbak Kiky sebagai PJ utama, yang setia merekap tulisan para peserta kelas nonfiksi. Juga untuk PJ lain yang mewarnai kelas ini sehingga lebih semangat dalam belajar. 

Sejauh ini penyampaian materi dan sistem lain di kelas nonfiksi sudah bagus. Mungkin sekadar saran agar diadakan bedah tulisan seperti waktu Oprec ODOP kemarin. Wah tapi rasanya tulisan lain sudah bagus sih,  tidak perlu lagi ada bedah, hehe ....

Kelas lanjutan nonfiksi hampir berakhir,  tinggal satu tugas lagi menyelasaikan antologi.  Semoga tidak ada kendala lagi untuk menuntaskan tugas terakhir. Berakhir nya kelas ini bukanlah akhir untuk menulis. Bahkan,  ini adalah awal agar terus meningkatkan kapasitas sebagai penulis yang lebih baik.  Dan aku,  akan terus belajar! Bismillah!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?