MENSPAD, SOLUSI HEMAT DAN SEHAT UNTUK WANITA

Menspad NADHIF

Menspad?  Apa itu menspad? Dari namanya sudah dapat ditebak. Bagi kaum laki-laki,  mungkin bahasan ini agak kurang nyaman. Tapi, tidak masalah, karena ini hanya sebatas sharing yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Menspad adalah singkatan dari mens dan pad.  Mens, berarti menstruasi atau haidh  sedangkan pad berarti bantalan.  Menspad adalah bantalan untuk menstruasi,  atau  biasa kita sebut pembalut. 

Namun,  menspad berbeda dengan pembalut pada umumnya yang dijual dipasaran atau ditayangkan dalam iklan televisi.  Menspad adalah pembalut kain cuci ulang. Namanya saja cuci ulang,  berarti bisa dicuci dan tidak ada bagian yang dibuang. 

Sudah beberapa bulan ini, aku memutuskan beralih dari pembalut ke menspad. Lumayan untuk mengurangi produksi sampah rumah tangga.  Biasanya, aku membakar sampah plastik dan kertas, namun seringkali merasa sebal jika ada yang tidak bisa terbakar. Ya,  apalagi kalau bukan sampah pembalut.  Sampah yang satu ini memang sulit sekali terbakar karena basah. Oleh karena itu, aku tertarik untuk beralih ke menspad. 

Permasalahan sampah adalah hal yang tidak akan pernah ada habisnya.  Setiap hari di setiap rumah pasti menghasilkan limbah yang sudah pasti menyumbang penumpukan di Tempat Pembuangan Sampah (TPA). 

Masyarakat perkotaan mungkin cukup lega dengan adanya truk sampah yang mengambil sampah di tiap rumah dan menampungnya di TPA.  Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang memiliki keterbatasan akses, mereka tidak menghimpun sampah untuk kemudian diambil oleh truk sampah. Meski demikian,  masyarakat pedesaan memiliki sedikit kemudahan untuk membuang sampah.  Di pedasaan bisa dengan mudah membuang sampah di pekarangan rumah yang masih terbilang luas.  

Namun,  hal ini tentu menimbulkan masalah yang lain lagi.  Berapa banyak sampah yang akan menggunung jika setiap hari ditimbun oleh limbah rumah tangga dengan aneka sampahnya?  Apalagi jika itu adalah sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik,  bekas pembalut,  dan sampah diapers? 

Menspad bisa menjadi pilihan bagi yang ingin mengurangi produksi sampah di rumahnya.  Karena,  menspad seperti layaknya pakaian biasa yang bisa dicuci,  jadi tidak ada limbah yang terbuang.

Menspad NADHIF

Sebenarnya apa yang menjadikan menspad berbeda dengan pembalut biasa?  Berikut beberapa alasannya:

1. Ramah lingkungan

seperti yang sudah disebutkan,  bahwa penggunaaan menspad bjsa mengurangi produksi sampah.  Dengan berkurangnya produksi saampah,  maka otomatis akaaan membuat lingkungan lebih bersih

2.  Menghemat anggaran belanja kaum wanita. 

Kebutuhan bulanan membeli pembalut  tidak perlu lagi dipikirkan. Ya,  walaupun harga pembalut relatif murah,  namun jika diakumulasikan setiap bulannya,  maka akan terlihat selisih harganya jika dibandingkan dengan pembelian menspad yang hanya butuh satu kali di awal. Perbandingan harga pembalut dan menspad cukup banyak. Harga satu buah menspad bisa kita gunakan untuk membeli 2 sampai 3 pak pembalut isi 8 pcs. 

Jika dipertimbangkan untuk penghematan jangka panjang, menspad lebih memiliki keunggulan. Karena,  menspad tidak dibuang,  melainkan dicuci. Jadi,  bisa digunakan sampai setahunan lebih.

3. Nyaman

Terkadang ketika memakai pembalut biasa,  kita merasakan sedikit keras pada bantalan pembalut dan menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan iritasi.  Namun,  penggunaan menspad ini bisa mencegah hal tersebut. Permukaan menspad yang lembut membuatnyya lebih terasa nyaman. 

4. Aman 

Kelebihan menspad lainnya dibandingkan dengan pembalut adalah keamanannya.  Menspad tidak mengandung bahan pemutih atau kimia lain yang bisa membahayakan kesehatan.  Beberapa kali ditayangkan dalam berita televisi jika merk-merk pembalut yang beredar di pasaran mengandung pemutih yang membahayakan kesehatan organ reproduksi wanita. 

Selain beberapa perbedaan dari segi manfaat,  ada beberapa perbedaan lain antara menspad dan pembalut.  Yaitu,  perbedaan materialnya. Jika pembalut biasa sebagian besar terdiri dari plastik dan bahan sintetis lain,  maka berbeda dengan menspad.  Dalam menspad, beberapa sebagian besar terbuat dari bahan kain,  hanya sedikit yang terbuat dari plastik. Berikut uraiannya:

a.  Kain Spunbond untuk bagian kain motif
b.  Plastik parasut untuk anti bocor.  Jadi tidak tembus
c. Kain fleace untuk penyerapan yang maksimal
d.  Kain PE untuk permukaan atasnya,  yang berbahan halus dan lembut.

Oh iya,  sekadar sharing,  aku menggunakan menspad merk "Nadhif". Cukup hemat di kantong.  Menspad layak menjadi pilihan untuk kaum wanita yang ingin berhemat dan memperhatikan kesehatan. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?