RESENSI BUKU HANYA UNTUK WANITA, BIMBINGAN FIKIH PRAKTIS BAGI WANITA



A.  Tentang Buku

Judul Asli : Tanbihat 'Ala Ahkamin Takhtashshu bil Mukminat

Judul Indonesia : HANYA UNTUK WANITA, Bimbingan Fikih Praktis bagi Wanita

Penulis : Syaikh Sholih bin 'Abdillah bin Fauzan Al Fauzan

Penerbit : Kementrian Urusan Islam, Waqaf, Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Saudi Arabia 1423 H

Alih Bahasa : Abu Hudzaifah Yahya

Editor : Al Haura'

Tata Letak : Abu Abdillah Al Mahy

Desain Sampul : Abu Sa'id Abdurrahman

Tahun Cetak : Cetakan pertama,  Dzulhijjah 1433 H

ISBN : 602 - 8775 - 05 - 3

Penerbit : Pustaka Al Haura',  Yogyakarta

B.  Isi Buku

Wanita adalah makhluk Allah yang spesial.  Mereka mempunyai permasalahan kompleks yang butuh penyelesaian.  Penyelasaian yang sesuai petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Permasalahan  yang dimilili wanita meliputi banyak hal, bagaimana ia berinteraksi dengan dirinya sendiri, bagaimana ia berinteraksi dengan sesamanya,  dan terlebih interaksinya dengan Sang Pencipta. 

Buku ini berisi penjelasan menurut ilmu fiqih tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan masalah kewanitaan. Secara praktis, padat,  namun sangat jelas dijelaskan tentang bagaimana seorang wanita mempercantik dirinya,  bagaimana ia memperlakukan darahnya,  bagaimana ia menata pakaian,  bagaimana ia menegakkan sholat,  menunaikan puasa, haji ke Baitullah, permasalahan tentang hubungan suami istri dan cara penyelesaiannya,  serta permasalahan wanita lainnya dalam menjaga kemuliaan dan melindungi kehormatannya. 

Dimulai dengan Pasal 1 yang membahas hukum-hukum secara umum bagi wanita. Bahwa kaum wanita sebelum datangnya islam khususnya di negeri Arab,  diperlakukan dengan tidak baik. Bayi perempuan akan dikubur hidup-hidup karena dianggap sebagai aib.  Lalu datanglah risalah yang disampaikan Rasulullah SAW dan memberikan penjelasan tentang istimewanya kedudukan wanita dalam islam, beserta hak dan kewajiban yang dimilikinya. 

Di dalam Pasal 1 ini juga dijelaskan tentang permasalah bagaimana musuh-musuh islam berambisi untuk membuat wanita-wanita islam keluar dari jalurnya.  Membuat mereka keluar ke ranah publik dan melakukan pekerjaan yang tidak sesuai syariat. Padahal sesungguhnya islam telah mengatur pula masalah ini.

Di pasal-pasal selanjutnya dijelaskan semua permasalahan yang telah saya sebutkan sebelumnya,  seperti masalah wanita dalam mempercantik dirinya: memotong kuku,  mencukur rambut, mencukur alis,  mengikir gigi,  mentato,  dan mewarnai rambut. 

Lalu pasal selanjutnya menjelaskan bagaimana wanita sholat (tata caranya dan semua yang berkaitan dengan sholat),  bagaimana wanita berhaji (siapa aja mahramnya,  apa yang harus dilakukan ketika berihram,  dll.),  bagaimana kehidupan pernikahan wanita (mulai khitbah,  akad nikah,  berjima', dll.) 

Dengan membaca buku ini saya menjadi tahu apa perbedaan antara haidh,  istihadzoh,  dan nifas.  Bagaimana sifat dan lamannya waktu dari masing-masing permasalahn darah wanita tersebut.  Selain itu saya pun mendapatkan banyak ilmu lain yang sangat bermanfaat untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap permasalahan diberi penjelasan hukumnya berdasarkan ayat Al Quran dan Hadits Rasul SAW.  Dilengkapi catatan kaki yang menyebutkan perawi hadits dan  rujukan beberapa kitab, seperti Riyadush Sholihin, Majmu' al Fatawa, Shahih Muslim, dll. Sungguh ini buku yang sangat perlu dibaca bagi kaum wanita agar ia mengetahui segala aturan yang ditetapkan Allah demi kebaikan dirinya. 

C.  Catatan Khusus tentang Buku

1. Kelebihan

Membahas dengan singkat,  padat,  namun sangat  jelas untuk dipahami setiap permasalahan kaum wanita. Dilengkapai Ayat dan  Hadits yang menambah keyakinan kita. 

2. Kekurangan

Karena cukup singkat,  maka ada  penjelasan di beberapa permasalahan yang perlu dibaca berulang. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?