5 MANFAAT FOOD PREPARATION (REVIEW KELAS PAWON)

Foto : Kelas PAWON

Di era milenial seperti sekarang ini, begitu banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah.  Salah satu faktornya adalah karena kemudahan akses internet. Hanya dengan sentuhan jari,  kita bisa mendapatkan informasi apa yang dibutuhkan. 

Selain dengan mesin pencari di internet yang menyediakan berbagai banyak artikel, gambar, atau video,  kita pun bisa memanfaatkan media sosial yang ada. Berbagai sarana belajar berbentuk grup-grup di media sosial memanjakan kita untuk mendapat informasi atau sekadar berbagi pengalaman sesama anggota grup,  yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan.

Siapa saja tentu terbantu dengan kemudahan seperti itu. Sebagai pelajar,  berguna agar bisa memperoleh pengetahuan di luar bangku sekolah.  Sebagai pelaku bisnis,  bisa untuk menambah referensi untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai pedagang, bisa juga untuk memperluas area pasarnya. Semua informasi berguna untuk memecahkan masalah.  

Tak terkecuali bagi saya, seorang ibu rumah tangga. Lalu,  apa saja masalah yang biasanya dihadapi seorang ibu rumah tangga? Seperti layaknya kebanyakan ibu rumah tangga,  'masalah' yang umum dihadapi 'hanya' sebatas urusan mencuci,  memasak,  merapikan rumah,  dan lain sebagainya.  Mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang,  namun percayalah masalah sekecil atau sesepele apa pun jika tidak dihadapi maka akan membuat mood menjadi buruk. 

Sebagai seorang ibu rumah tangga,  saya merasa terbantu dengan adanya grup-grup di media sosial.  Mengikuti grup di media sosial membuat saya mengetahui banyak hal.  Ketika menghadapi masalah rumah dan baju yang selalu berantakan,  saya menemukan solusi dengan bergabung di grup Konmari. Masalah yang tadinya membuat bete, sedikit banyak sudah bisa diatasi dengan bergabung dengan grup ini.  

Lain lagi masalah perdapuran. Saya mendapatkan solusi ketika bergabung dengan grup PAWON.  Berawal ketika seorang teman di media sosial men-share flyer tentang kelas PAWON tersebut,  saya menjadi tertarik untuk bergabung.  

Di dalam kelas asuhan Krisdiana Az-Zakiyah ini, saya mengenal lebih jauh istilah Food Preparation. Sebelumnya hanya mengetahui sepintas, hanya melihat gambar tanpa mengetahui ilmunya. Melalui kelas inilah segala tentang perdapuran dibahas. Mulai dari membuat daftar kebutuhan, mempersiapkan menu makanan, cara menyimpan bahan makanan,  dan masih banyak lagi ilmu lainnya.  

Setelah menerapkan Food Preparation, ternyata banyak manfaat yang bisa saya dapatkan.  Berikut adalah beberapa manfaat penerapan Food Preparation :

1. Meminimalkan kerusakan bahan makanan. 

Penyimpanan yang benar membuat bahan makanan akan lebih awet sehingga meminimalkan kerusakan.  Itu artinya,  kita tidak akan membuang bahan makanan yang cenderung mudah rusak jika salah menyimpannya. 

2. Efisiensi aktivitas memasak.

Ketika semua bahan telah disiapkan,  maka aktivitas memasak pun akan lebih efisien. Kita tidak  perlu bingung menyiapkan kebutuhan apa saja yang harus disiapkan ketika akan memasak. Waktu yang dihabiskan untuk memasak pun lebih cepat karena semua telah disiapkan.

3. Hemat.

Penerapan Food Preparation akan meminimalkan kerusakan bahan makanan,  itu artinya kita telah berhemat dengan tidak membuang bahan makanan.

4. Terjaga kebersihan. 

Penyimpanan bahan makanan dalam Food Preparation ini, sebaiknya dilakukan dengan cara membersihkannya terlebih dahulu. Setelah dibersihkan,  baru kemudian diletakkan di wadah sesuai cara yang benar. Penerapan metode ini akan membuat kulkas lebih terjaga kebersihannya.  

5. Memiliki lebih banyak inovasi saat memasak. 

Penyimpanan bahan makanan dalam jumlah besar dan beraneka ragam,  membuat kita bisa berinovasi saat memasak. Memadu padankan bahan yang ada menjadi menu masakan yang berbeda, tentu akan membuat kita lebih banyak bereksperimen menciptakan menu baru bagi keluarga. 

Demikianlah beberapa manfaat dari penerapan Food Preparation yang saya dapatkan dengan mengikuti kelas PAWON. Solusi dari urusan perdapuran yang biasanya menjadi 'masalah' bagi seorang ibu rumah tangga. 

Kemajuan teknologi dengan segala kemudahannya dalam mendapatkan informasi menjadi pilihan bagi kita.  Apakah akan memanfaatkannya untuk pemecahan masalah,  atau hanya akan menggunakannya dalam hal yang tidak bermanfaat. Mengikuti sarana belajar yang tersebar di media sosial dalam bentuk grup/ kelas belajar,  menjadi salah satu pilihan ketika kita membutuhkan solusi atas pemecahan masalah.  






Komentar

  1. Mantap umm....
    Terimakasih infonya :D

    BalasHapus
  2. Suka dipoin ke lima...pas mau masak nggak ribet lagi nyiapin bahan-bahannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HADIAH UNTUK RESTU

BERBAGI ITU INDAH

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?