PENTINGNYA ADAB SEBELUM TIDUR 2

Foto : Pixabay



Beberapa waktu yang lalu, pernah membaca sebuah berita di laman media sosial tentang seorang anak yang tewas ketika tidur karena digigit ular welang/ weling. Sungguh peristiwa  yang cukup mengenaskan,  mengingat  kejadian ini tentunya sangat tidak terduga. Ketika sedang dalam keadaan tidak sadar,  ternyata ada bahaya yang mengancam. 

Sama, seperti kejadian yang aku ceritakan di postingan sebelumnya, ketika telinga suami kemasukan serangga saat sedang tertidur, sehingga merasa kesakitan.


Hal-hal tak terduga seperti inilah yang perlu kita waspadai dan perlu diantisipasi agar tidak terjadi.  Bagaimana caranya?  Yaitu dengan cara melaksanakan adab-adab sebelum tidur.

Adab pertama adalah membersihkan tempat tidur.  

Membersihkan tempat tidur bukan hanya benar secara logika untuk mencegah apa-apa yang sekiranya berbahaya bagi diri kita seperti hewan,  atau kotoran apa pun yang membuat tidur kurang afdhal. Namun,  ternyata hal ini adalah salah satu sunah Rasul.  

Seperti sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut :

 إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَأْخُذْ دَاخِلَةَ إِزَارِهِ فَلْيَنْفُضْ بِهَا فِرَاشَهُ وَلْيُسَمِّ اللهَ فَإِنَّهُ لاَ يَعْلَمُ مَا خَلَفَهُ بَعْدَهُ.
 “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” [HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. Lafazh yang seperti ini berdasarkan riwayat Muslim] 

Membersihkan tempat tidur bukan hanya membersihkan kotoran atau bahaya yang mungkin terselip di tempat tidur,  tapi juga untuk mengusir segala keburukan, termasuk godaan syaitan. 

Adab sebelum tidur yang ke dua,  adalah berwudhu sebelum tidur.  

Keadaan tubuh yang bersih membuat kita lebih rileks dan terjaga dari kotoran atau apa pun yang membuat tidur kita tidak nyaman.

Dasarnya adalah hadits berikut,

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu’ terlebih dahulu sebagaimana wudhu’mu untuk melakukan shalat.”
[HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710] 

Ke tiga,  membaca ayat-ayat perlindungan,  seperti Ayat Kursi dan ayat terakhir aurat Al Baqarah. Selain itu, membaca surat pendek yang dianjurkan yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.

Ayat-ayat perlindungan tersebut dibaca dengan cara mengumpulkan dua telapak tangan (posisi berdoa). Setelah membaca ayat perlindungan tersebut,  ditiup dan kemudian dengan dua telapak tangan mengusap bagian tubuh yang dapat dijangkau dengannya dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, hal ini diulang sebanyak 3 (tiga) kali.
 [HR. Al-Bukhari dalam Fat-hul Baari XI/277 no. 4439, 5016 (cet. Daar Abi Hayaan), Muslim no. 2192, Abu Dawud no. 3902, At Tirmidzi no. 3402 dan Ibnu Majah no. 3539

Ke empat membaca doa sebelum tidur, yaitu dengan membaca do’a

 بِسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا. 
“Dengan Nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.” 
[HR. Al-Bukhari no. 6324 dan Muslim no. 2711] 

Adab terakhir,  jangan lupa untuk meneladani Rasulullah dalam tidur,  yaitu memiringkan badan ke kanan.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ. 
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” 
[HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710]

Segala sesuatu memanglah ada aturannyaa demi mendapatkan kebaikan. Dengan melakukan adab-adab sebelum tidur,  Insyaa Allah akan selalu dalam lindungan-Nya hingga kita terbangun lagi.  

Hadits mengutip di al manhaj.com

Komentar

  1. Masyaallah adab2 sblm tidur ternyata sangat berguna utk melindungi diri kita ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?