PENTINGNYA ADAB SEBELUM TIDUR

Foto : Pinterest

Semalam sekitar pukul dua dini hari hari, terjadi insiden yang cukup membuat panik. Saat itu aku belum tidur setelah mengerjakan tantangan menulis seperti biasa,  dan menyimak FBG Matrikulasi IIP, dan sama sekali tidak merasa ngantuk lagi.  

Mau tidur rasanya tanggung,  nanti bangun sahurnya kesiangan. Akhirnya memutuskan untuk berbaring di samping suami yang sudah tertidur di dipan ruang tengah.  Sambil menyalakan alarm dan sedikit membangunkannya,  aku berkata,  "Bi,  nanti Ummi bangunin kalau telat sahur."

Suami yang masih ngantuk menjawab dengan suara yang tidak jelas. Namun,  tiba-tiba suami berteriak,  " Aaahh ...apa ini?  Telingaku kemasukan sesuatu!"

Sontak aku kaget dan ikut berteriak. Dalam hati sempat berpikir mungkin suami lagi ngigau,  tapi setelah lampu dinyalakan ternyata benar dia sedang memegangi telinga,  menutup, dan menarik-narik telingannya.  

Subhanallah, melihat suami yang terus berkata "Ah.. Uh.. " aku benar-benar panik.  Anak pun ikut terbangun mendengar suara abinya.  Segera ku ambil senter dan melihat ternyata memang ada serangga yang masuk ke telinga. Astaghfirullah ... Astaghfirullah tambah panik aku dibuatnya. Karena yang aku lihat serangga itu cukup besar.  

Saat adik ikut terbangun, ia menyarankan untuk memanggil saudara yang seorang perawat. 
"Sana panggilin, Fa.  Cepet!" Aku yang masih panik malah balik menyuruhnya.  

Mendengar ucapanku, suami malah berjalan keluar menuju rumah saudara itu.  Aku mengikutinya dengan menggendong anakku, Hanan.  Di rumah saudara itu,  dengan sigap dia mengambil minyak.

"Sini,  ditetesi minyak dulu biar serangganya mati," ucapnya.  

Suami pun menurut dan memiringkan kepalanya agar telinganya bisa ditetesi minyak.  Setelah ditetesi,  benar saja,  tidak terasa sakit lagi,   mungkin saja karena serangga itu sudah mati dan berhenti untuk menggaruk-garuk dinding telinga.

Alhamdulillah, akhirnya si serangga berhasil dikeluarkan dari telinga menggunakan alat penjepit, karena sudah lumayan dalam.  Bercampur darah. Akhirnya kami tahu bahwa serangga yang masuk telinga adalah sejenis kumbang yang memiliki tubuh sedikit keras.  

Alhamdulillah Allah masih melindungi, tidak terjadi hal yang fatal.  Sungguh malam yang panik. 

"Lain kali kalau kaya gini lagi,  ditetesi minyak dulu, miyak kayu putih,  minyak goreng atau apa pun biar serangganya mati. " Saudara yang perawat mengingatkan. 

Ah,  semoga nggak lagi-lagi.  Nggak bisa membayangkan kalau insiden ini menimpaku.  Bakal histeris pastinya.  

***

Maasyaa Allah,  benar-benar kejadian ini menjadi pengingat dan penguat alasan agar senantiasa melakukan adab-adab sebelum tidur,  agar selalu dilindungi Oleh-Nya.

Saat tidur,  kita tidak tahu apa yang ada di sekeliling kita. Sangatungkin banyak hal yang membahayakan berada di sekitar kita.  Untuk selalu waspaada,  tidak mungkin,  karena kita dalam keadaan tidak sadar.  Oleh karenanya,  sangat penting bagi kita untuk mengantisipaasinya dengan cara melakukan adab-adab sebelum seperti yang diajarkan Rasulullah.  

Apa sajakah adab-adab itu? 

Pertama,  membersihkan tempat tidur kita dengan menggunakan sapu lidi atau kain.  Pastikan tidak ada yang luput dari pandangan kita,  apa pun yang ada di sela-sela tempat tidur.  

Ke dua,  berwudhu sebelum tidur.  Keadaan tubuh yang bersih membuat kita lebih rileks dan terjaga dari kotoran atau apa pun yang membuat tidur kita tidak nyaman.

Ke tiga,  membaca Ayat Kursi. Ayat  Kursi adalah doa perlindungan yang terdapat dalam Al Quran.  Banyak faidah jika kita membacanya. 

Ke empat,  membaca surat Tiga Kul,  yaitu Al Ikhkas, Al Falaq, An Nas, masing sebanyak tiga kali.  Kemudian ditiup ke tangan, lalu diusapkan ke wajah dan tubuh.  Sama seperti Ayat Kursi,  surat Tiga Kul adalah ayat  perlindungan

Ke lima membaca doa sebelum tidur.  Jangan lupa untuk meneladani Rasulullah dalam tidur,  yaitu memiringkan badan ke kanan.

Dengan melakukan adab-adab sebelum tidur,  Insyaa Allah akan selalu dalam lindungan-Nya hingga kita terbangun lagi.  

Untuk referensi dan dasar adab-adab sebelum tidur,  akan dibahas di postingan selanjutnya.  Insyaa Allah.

Komentar

  1. Alhamdulillah situasi terkendali.
    Suami paling rajin mukulin kasur pake sapu lidi. Nfusir setan Hanzak katanya. Setan yang suka tidur di kasur kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku suka galau kalau belum nebahin kasur pake sapu

      Hapus
  2. ya Allah..aq bacanya ikutan panik mba, keingat dl tetangga q juga pernah kemasukan kecoak, telinganya..alhamdulillah bias dikeluarin juga..memang adab sebelum tidur itu penting sekali

    BalasHapus
  3. Alhmdulillah ya kak.
    Alhamdulillah juga diingatkan kembali tentang adab tidur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal itu kasur udah disapu, tapi ternyata ada serangga terbang, huhu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BUKU THE POWER OF DASTER

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?