MEMASAK KETUPAT DI MAGIC COM

Lebaran tahun ini sungguh berbeda. Social distancing karena pandemi Corona membuat aktivitas di hari raya sedikit terbatas. Silaturahim yang biasanya kita lakukan dengan pertemuan keluarga pun harus ditunda pelaksanaannya. Berkumpul di hari raya tahun ini cukup dengan keluarga inti atau keluarga dekat yang memang selalu bersama sehari-harinya. Bukan keluarga yag datang dari luar kota.

Namun begitu, suka cita Idul Fitri tetap kita rasakan.  Bagaimanapun Idul Fitri adalah hari raya yang patut kita rayakan walau dengan keterbatasan. Salah satu tradisi untuk merayakannya adalah dengan menghidangkan makanan khas Idul Fitri,  seperti kue-kue lebaran, ketupat dan opor ayam,  atau makanan lainnya.  

Ngomong-ngomong tentang ketupat, ini adalah salah satu makanan yang cukup khas. Ketupat mirip lontong,  karena sama-sama terbuat dari beras. Yang membuat khas adalah bungkusnya yang terbuat dari daun kelapa atau janur yang dianyam sedemikian rupa dan membentuk sebuah bangun. 

Selain itu, memasak ketupat  pun memiliki cara tersendiri,  yaitu harus direbus lama sampai beberapa jam.  Walaupun sekarang ada metode merebus cepat, tetap saja merebus ketupat lama tetap menjadi pilihan,  demi mendapat ketupat yabg tanak dan tahan lama.  

Merebus lama tentunya membuat sedikit repot dan boros. Repot jika menggunakan tungku atau pawon,  dan boros jika menggunakan kompor gas.  Untuk itu,  ada alternatif lain memasak ketupat yang bisa menjadi pilihan jika tidak ingin repot atau pun boros, yaitu menggunakan magic com.  

Berawal dari ide suami beberapa tahun lalu, saya sudah terbiasa memasak ketupat menggunakan magic com.  Banyak teman yang penasaran dengan cara dan hasilnya ketika saya posting di status media sosial.  

Sebelum dimasak

Setelah dimasak


Lalu,  bagaimana cara memasak ketupat dengan magic com?  Berikut langkah-langkahnya. 

1. Masukkan beras di wadah ketupat.

Untuk hasil yang baik,  masukkan berasa tidak sampai separuh dari wadah ketupat. Bisa diukur dengan menekan ketupat untuk mengecek isinya. 

2. Tata wadah ketupat yaang sudah berisi beras ke dalam magic com.  Saya menggunakan magic com ukuran standard dan muat untuk 15 buah. 

3. Tuang air ke dalam magic com sampai penuh.

4. Tekan tombol Cook,  masak sampai sekitar satu jam. 

5. Setelah satu jam,  air akan berkurang.  Masukkan kembali air sampai penuh.  Masih dalam posisi Cook. 

6. Masak terus sampai sekitar 2 - 3 jam. 
Saya biasa memasaknya sampai dua setengah jam.  

7. Setelah matang,  cabut kabel magic com yang masih posisi Cook tersebut. 

8. Angkat ketupat, tiriskan. 

Catatan yang perlu diingat,  ketika memasak menggunakan magic com ini,  air akan meluber ketika air mendidih. Untuk mengatasinya,  letakkan lap di sekitar magic com untuk mencegah air meluber lebih luas. 
Bagaimana?  Tertarik untuk mencoba memasak ketupat menggunakan magic com?  Selain praktis dan tidak boros gas,  memasak ketupat menggunakan magic com juga bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain, sehingga sangat efisien waktu.

Selamat mencoba. 

Komentar

  1. Kalau ibuku masaknya di kompor lpg, emang boros juga sih. Hehhee. Boleh dicoba mbak tipsnya

    BalasHapus
  2. Wahh aku ngga perna bikin ketupat. Cara ini harus dibintangin nih biar ngga ilang. Heheh. Thanks for sharing mbaa.

    BalasHapus
  3. Wah mantap sekali ini.... Jadi inget pernaj mnkadi anak kostan yang masak selalu mengandalkan magic com. Wkwkwk kapan2 kudu di coba

    BalasHapus
  4. aku belum pernah sih kalau masak ketupat. kalau masak buras pernah (bantuin sebentar). prosesnya lama ternyata. dimasaknya sehari semalam, kompor nyala terus

    BalasHapus
  5. Cara masak yang hemat ya. Aku belum pernah coba. Masih pakai cara konvensional (kayu) hehe. Makasih mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai kayu aku nggak kuaat asepnya Mba, hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAGI ITU INDAH

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?