7 REKOMENDASI TAYANGAN KARTUN UNTUK ANAK

Foto : Google

Adakalanya ilmu parenting tidak berjalan sesuai ekspektasi kita. Tidak seideal yang kita inginkan.  Dalam ilmu parenting,  anak sebaiknya tidak perlu menonton televisi, tapi nyatanya kadang ada saat-saat dimana mereka tidak bisa dialihkan untuk tidak menontonnya. Sebagai ibu, tentu serba salah jika kita tidak menuruti keinginan anak. Bisa jadi,  ketika kita tidak menuruti keinginan anak untuk menonton televisi di rumah,  mereka malah pergi ke rumah temannya yang membuat kita tidak bisa mengawasi apa saja yang mereka lakukan. Kalau sudah begitu,  terkadang seoran ibu lebih memilih untuk menuruti keinginan mereka, yaitu menyalakan televisi untuk mereka. 

'Dari pada main nggak jelas,  mending di rumah sajalah,' kurang lebih seperti itu anggapan para ibu. 

Dalam situasi seperti ini,  penting bagi ibu untuk memilihkan tayangan yang baik bagi anak-anak. Tayangan yang sesuai dengan usia mereka, seperti kartun misalnya.  Namun,  jangan salah memilih kartun.  Karena tidak semua tayangan kartun pas untuk anak-anak.  Terlebih tayangan kartun dari luar negri,  yang terkadang benar-benar menampilkan adegan yang kurang pantas bagi usia mereka. 

Maka dari itu ada baiknya memilah lagi tayangan kartun bagi anak-anak.  Berikut rekomendasi tayangan kartun yang semoga lebih memberi manfaat. 

1. Nussa 
Foto : Google

Tayangan kartun produksi anak negri ini menceritakan kehidupan dua kakak beradik Nussa dan Rarra yang sangat islami. Adab-adab yang diajarkan Umma --tokoh ibunya-- serta tingkah lucu namun tetap berakhlak baik dari Nussa dan Rarra membuat tayangan ini pantas untuk menjadi tontonan anak-anak. Yang paling penting, ada referensi dari ayat Al Quran dan Hadist dalam tiap episodenya. 

2. Syamil dan Dodo

Walaupun sudah bukan produksi baru,  namun tayangan kartun Syamil dan Dodo masih bisa menjadi pilihan tontonan untuk anak-anak.  Kartun yang juga karya anak negri ini,  menceritakan kehidupan Syamil dan kakaknya Nadia,  serta kawan karibnya,  Dodo. Setiap episode menyajikan beberapa 'masalah' beserta 'solusinya' atau 'latar belakangnya'.  Misalnya saja dalam episode berjudul "Aqiqah", di situ dijelaskan apa itu aqiqah dan sebagainya. Atau dalam episode berjudul "Masbuq", dalam tayangan kartun tersebut dijelaskan apa itu masbuq beserta asal-usulnya.  Dan masih banyak lagi episode yang Insyaa Allah dapat bermanfaat menambah pengetahuan bagi anak-anak. 

3. Diva Hijaiyah
Foto : Google

Tayangan tentang seorang gadis cilik bernama Diva dan kucingnya Pupus berpetualang di sebiah tempat bernama Taman Hijaiyah.  Di taman itu Diva dan Pupus menjumpai beberapa bentuk benda, pohon, binatang,  dan lainnya yang nantinya dia imajinasikan sama berbentuk hurif-huruf hijaiyah.  Setelah bertemu dengan hiruf yang dimaksud,  Diva mengajak penontonnya untuk belajar membaca huruf hijaiyah.  Begiti seterusnya dari huruf Alif samai huruf Ya.  Tayangan yang bagus untuk anak sekaligus untuk belajar hufmruf hijaiyah. 

4. Diva Alfabet dan Angka

Sama konsepnya dengaan Diva Hijaiyah. Tayangan ini adalah tentang petualangan Diva dan Pupus mencari bentuk-bentuk yang nantinya akan ia imajinasikan berbentuk huruf dan angka. 

5. Diva The Series
Foto : Google

Masih tentang Diva dan Pupus.  Kali ini mereka tidak sendiri. Diva The Series menceritakan kehidupan Diva dan Pupus bersama teman-temannya, yaitu Tommy,  Mona, Feby, dan Putu.  Tayangan produksi Kastari Animation ini berkisah tentang kehidupan mereka berlima di sekolah dan di rumah. Dengan permasalahan khas anak-anak, mereka tetap bersahabat dengan berbagai karakter dan perbedaan masing-masing. 

6. Ella dan Ello
Foto : Google

Masih produkai Kastari Animation.  Ella dan Ello adalah tayangan yang diperuntukkan bagi anak-anak untuk belajar berbagai nama benda.  Seperti benda yang ada di sekitar rumah,  alat transportasi,  makanan,  dan lain sebagainya. Tayangan yang cukup mendidik dan menghibur. 

7. Kisah Para Nabi dan Rasul

Banyak terdapat video tentang Kisah Nabi dan Rasul yang dapat kita download untuk anak-anak. Tayangan yang baik agar anak bisa mengerti kisah oara Nabi dan Rasul,  dan menjadi bahan untuk kita bertanya jawab fengan mereka tentangnya.

Tayangan-tayangan tersebut dapat kita download untuk ditonton bersama bersama anak. Yang terpenting kita harus tetap memilah dan memilih tayangan yang banyak tersedia. Pastikan untuk tetap mendampingi mereka dengan tujuan mengarahkan mereka dan menunjukkan kebaikan apa yang ada di tayangan kartun tersebut. Selain itu jika ada hal yang kurang baik, kita pun dapat memberitahukan kepada mereka. 

Televisi memang bisa membuat anak anteng,  tapi alangkah lebih baiknya jika tetap membatasi waktunya agar anak tidak terlalu pasif. Membaca buku atau bermain di luar adalah kegiatan yang lebih diutamakan untuk kebaikan anak-anak.  Semoga kita para orang tua tetap semangat dalam mendampingi anak untuk belajar dan bermain, agar dunia mereka lebih ceria. 

Komentar

  1. Aku cuman tau Nussa...yg lain juga tayang di YouTube kah mba?

    BalasHapus
  2. Waahh baru tauuuu... Buat bekel pengetahuan hihi. Makasih kak infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya nih, kalo pas nggak bisa diaambi anak boleh nonton tivi

      Hapus
  3. Makasih infonya mba.. Sebagian baru tau..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HADIAH UNTUK RESTU

PILIH PUNYA HUTANG ATAU PIUTANG?

Ipsach, Desa Tenang dan Hi-Tech di Swiss